Home / Info Pendidikan / Profil Alumni Pascasarjana / Dr. Singgih Kuswardono, MA.

Dr. Singgih Kuswardono, MA.

Dosen Universitas Negeri Semarang ini menyelesaikan program doktoralnya hanya dalam waktu 2 tahun. Setelah menyelesaikan program masternya di Universitas Gadjah Mada, ia memperoleh beasiswa S3 yang ia gunakan untuk menempuh program S3 di Institut Riset dan Studi Arab (IRSA), Perguruan Tinggi milik Liga Arab yang berada di Cairo. Disertasi setebal 856 halaman yang ia susun mengantarkannya untuk meraih gelar Doktor Ilmu Linguistik Arab dengan predikat Martabat As-Syaraf Al-Ula atau Summa Cum Laude.


Nama Lengkap : Dr. Singgih Kuswardono, MA.
TTL : Semarang, 1 Juli 1976
Nama Istri : Hadyul Muttasiqoh Zulfa
Nama anak : Haya Husna Amali Rafa
Rahmania Rayyan Akmal Ramadhan
Pekerjaan : Dosen Universitas Negeri Semarang
Tiba di Mesir : 5 November 2013
Motto : Toto, titi, tatag, tutug.
Alamat di : Dusun Rejowinangun RT/RW 004/002
Indonesia Desa Banjarejo, Kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah
No. telepon :  +6285743864937 – +62247620213
Email : singgihkuswardono@gmail.com
Alamat di : Imarah 81 B, lt. 3, Gami, Hay Asyir, Madinat Nasr
Mesir
Kekeluargaan : Kelompok Studi Walisongo (KSW)
Almamater : IKPM Gontor
Universitas : Institut Riset & Studi Arab ALECSO Liga Arab
Fakultas : Bahasa dan Sastra Arab
Jurusan : Bahasa Arab (Linguistik)

 

Judul Tesis:

الأصوات اللغوية عند ابن جني

“Bunyi Bahasa dalam Pandangan Ibnu Jinniy”

 

Tanggal Munaqasyah : 19 April 2016
Predikat : Summa Cum Laude/Mumtaz Ma’a Martabat Asy-Syaraf Al-Ula
Lama Pendidikan : 2 tahun
Riwayat Pendidikan : Pondok Modern Darussalam Gontor
S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Walisongo Semarang
S2 Linguistik Arab UGM Yogyakarta
S3 Linguistik Arab IRSA ALECSO Liga Arab

Kesimpulan hasil riset:

Ibn Jinniy adalah ilmuan bahasa Arab pertama yang mendefinisikan bahasa adalah bunyi; Bahasa adalah bunyi yang dipakai sebagai media untuk menyampaikan pesan oleh suatu komunitas dalam berinteraksi. Tidak satupun ilmuan bahasa yang menentangnya bahkan defenisi ini terus dipakai dan diikuti oleh ilmuan bahasa hingga saat ini. Ibn Jinny adalah ilmuan pertama yang meletakkan dasar-dasar konsep fonologi Arab secara komprehensip. Ibn Jinny (392 H) pada masanya telah melahirkan sebuah karya fenomenal dalam fonologi Arab dan dianggap satu-satunya karya fonologi Arab dalam sebuah buku khusus yang berjudul ”Sir Shina’ah al I’rab”. Ibn Jinniy merupakan ilmuan bahasa bidang fonologi generasi ketiga setelah Khalil bin Ahmad dan Sibawayh yang mengkupas konsep fonologi Arab secara mendetail dari tokoh sebelumnya.

Pemikiran Ibn Jinniy sampai sekarang masih dipakai sebagai dasar pemikiran fonologi Arab kontemporer meskipun lahir sesudahnya beberapa istilah baru karena berkembangnya ilmu bidang anatomi diantaranya istilah hanjarah (larynx). Walaupun pada masanya belum dikenal istilah larynx, namun Ibn Jinniy telah menggambarkan adanya fungsinya yang ia umpamakan sebagai sumber bunyi pada seruling. Artikulator ia gambarkan sebagai lobang2 dalam seruling atau titik-titik kunci nada (melodi) pada gitar. Meskipun belum didukung oleh penelitian laboratorium, beberapa pemikiran Ibn Jinniy telah terbukti kebenarannya melalui penelitian laboratorium seperti bahwa alif dan hamzah adalah serupa artikulatornya, al jahru adalah hambatan arus, al syidah adalah hambatan bunyi.

Ibn Jinniy telah meletakkan dasar yang penting tentang konsep bunyi dan huruf. Ia menyebut bahwa bunyi vokal pendek merupakan bagian dari bunyi huruf mad yaitu alif, waw, dan ya sehingga vokal pendek disebut huruf tidak sempurna. Oleh sebab itu dalam bahasa Arab tidak dikenal huruf vokal sebagaimana ada dalam bahasa-bahasa lainnya namun bunyi itu ada. Hal ini menggambarkan bahwa bunyi adalah realitas dan huruf adalah konsep yang berada dalam pikiran manusia. Tidak setiap bunyi mengandung huruf tapi setiap huruf mengandung bunyi.Terdapat beberapa istilah fonologi dalam fenomena berbahasa saat ini yang telah ada dan disebut oleh Ibn Jinniy meskipun tidak disebut istilahnya secara khusus, seperti al mumatsalah, al mukhalafah, tafawuq al shawait dan lain-lain.

Kesan selama menempuh pendidikan di Mesir:

Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan belajar di Mesir. Di negeri ini Alhamdulillah saya menemukan banyak referensi untuk belajar khususnya bidang bahasa. Selain itu saya merasa senang mendapat banyak pengetahuan tentang kebudayaan Mesir kuno yang saya dapatkan dari beberapa tulisan di beberapa perguruan tinggi dan langsung menyaksikan beberapa situsnya langsung di Cairo maupun Luxor. Hal lain yang membuat saya terkesan selain peninggalan Mesir kuno adalah peninggalan Islam beberapa dinasti yang pernah berada di Mesir yang menampakkan keagungan seni dan arsitekturnya. Selain bangunannya yang masih ada terdapat beberapa buku yang mengulasnya.

Kesan lainnya, kehidupan di Mesir mengajarkan kegigihan, keuletan, kesabaran, dan kebesaran hati. Hal ini tercermin dari bagaimana mengurus administrasi dan urusan-urusan lainnya dengan pemerintah Mesir dan masyarakatnya. Dari sini saya belajar bagaimana hidup dalam budaya yang berbeda.

Saya sangat berterima kasih pada pemerintah Mesir dan rakyat Mesir yang telah membantu saya dalam belajar. Saya juga berterima kasih yang sebesar-besarnya pada KBRI Cairo yang telah banyak membantu mulai saya datang di Cairo dan membimbing saya sampai menyertai saya hingga ujian disertasi saya. Terima Kasih temanku Ibu Lauti Nia Astri Sutedja, Pak Cecep Taufiqurrohman, Pak Subhan Jaelani, Pak Rijjal, Pak Sayyid Zuhdi, Pak Hasbiyallah Alwi, Pak Sudrajat dan lain-lain yang tidak bias saya sebutkan satu persatu. Terima kasih juga saya sampaikan kepada teman-temanku semua pelajar Indonesia di Cairo.

Pesan bagi mahasiswa lain:
Semoga teman-temanku semua sukses studinya di Cairo berkah ilmunya dan dapat mengamalkan sebaik-baiknya sepulangnya ke Indonesia

About admin

Check Also

Dr. Mohammad Yunus Masrukhin, MA.

Wakil Katib Syuriah Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir ini berhasil mempertahankan disertasinya dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *