Home / Atdikbud / Tupoksi Atdikbud

Tupoksi Atdikbud

Sekilas Tentang Atdikbud KBRI Kairo

Tugas Pokok:

  • Membantu Kepala Perwakilan RI di Kairo dalam menyelenggarakan kegiatan tugas di bidang pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan kebijakan umum Menteri Luar Negeri dan kebijakan teknis Menteri Pendidikan Nasional RI.

Visi:

  • Terwujudnya pelayanan prima di bidang pendidikan dan kebudayaan bagi masyarakat Indonesia di Mesir.

Misi:

  • Mewujudkan pelayanan prima dalam pendidikan dan kebudayaan.
  • Meningkatkan hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan antara Indonesia dan Mesir.
  • Melaksanakan pemantauan bidang IPTEK di Mesir.
  • Membina masyarakat belajar di Mesir.
  • Membina Sekolah Indonesia Cairo.
  • Meningkatkan kerjasama dengan lembaga internasional di Mesir.
  • Mempromosikan Bahasa Indonesia.

 

OPTIMALISASI KINERJA TAHUN 2017

1 Meningkatkan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi antar kedua negara

Untuk memperkuat kerja sama bidang pendidikan, penelitian dan IPTEK, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo telah memfasilitasi kunjungan beberapa pejabat dan tokoh Pendidikan Indonesia ke Mesir  dan sebaliknya, antara lain:

A. Kunjungan Pejabat atau Pimpinan Lembaga Pendidikan

  1. Dari Mesir ke Indonesia:
    1. Dr. I’timad, Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Putri Universitas Al-Azhar Mesir, ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pondok Modern Gontor, Pondok Darunnajah Jakarta dan Pondok Diniyah Putri Padang Panjang. Kunjungan berlangsung antara 4-13 Agustus 2017.
    2. Dr. Nahlah, Wakil Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Putri Universitas Al-Azhar Mesir ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pondok Modern Gontor, Pondok Darunnajah Jakarta dan Pondok Diniyah Putri Padang Panjang. Kunjungan berlangsung antara 4-13 Agustus 2017.
    3. Dr. M. Dawood, Pimpinan Liga Perguruan Tinggi Islam Sedunia (sebanyak 8 orang) untuk mengikuti Seminar Internasionaldi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kunjungan ke beberapa pesantren antara lain ke PesantrenTazakka di Jawa Tengah dan Darul Qalam di Banten. Acara berlangsung pada 15-21 September 2017.
    4. Pimpinan Institut Pengajaran Al-Quran untuk memberikan ceramah umum, pelatihan dan konsultasi di Universitas Gadjah Mada, Pondok Modern Gontor Putra dan Putri, UNIDA Gontor, UIN Malang, UPI dan ITB. Acara berlangsung dari tanggal 10 September sampai 01 Oktober 2017.
    5. Memfasilitasi pengiriman 29 da’i dan guru dari Al-Azhar dengan biaya penuh dari Al-Azhar ke berbagai lembaga pendidikan di tanah air melalui Kemenag RI. Pengiriman dilakukan pada September 2017.
    6. Delegasi Al-Azhar yang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Fadhel el-Qaushi untuk menghadiri seminar Internasional “Moderatisme Islam” serta Rapat Nasional IV Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional di Lombok Nusa Tenggara Barat. Jumlah delegasi sebanyak 12 orang. Acara ditutup oleh Bapak Presiden RI. Kegiatan berlangsung pada 17-20 Oktober 2017.
    7. Dr. Jad Abd Rab, Dekan Fakultas Dirsat al-Islamiyah wa al-Arabiyah Universitas Al-zhar untuk berkunjung ke beberapa perguruan tinggi Indonesia.Kegiatan berlangsung dari 25 Desember 2017sd 3 Januari 2018.
    8. Guru Sekolah Indonesia Cairo asal Mesir Mrs. Amal dan Guru PUSKIN Mrs.Aisyah untuk berkunjung ke Indonesia guna melakukan studi banding sistem pendidikan di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Kegiatan berlangsung pada pertengahan bulan Desember 2017.
  2. Dari Indonesia ke Mesir
    1. Kunjungan 5 Pimpinan Pondok Madinatunnajah ke Al-Azhar dalam rangka menguatkan kerja sama Pendidikan antara keduanya.Kegiatan berlangsung pada bulan 05-10 Februari 2017
    2. Kunjungan Guru Besar FIB UGM dalam rangka realisasi MoU dengan perguruan tinggi Mesir. Kegiatan berlangsung pada bulan 15-22 Aril 2017 serta 6-13 Oktober 2017.
    3. Pimpinan Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional Cabang Indonesia untuk melakukan pertemuan dnegan pengurus pusat Ikatan Alumni Al-Azhar di Mesir guna membahas rencana pelaksanaan seleksi camaba tahun 2017. Kegiatan berlangsung pada bulan Februari 2017.
    4. Kunjungan 21 ulama dari kabupaten Tanah Datar Provinsi Kalimantan untuk mengadakan pelatihan singkat metode fatwa di Mesir. Kegiatan berlangsung pada 19 Maret 2017.
    5. Kunjungan tim tafsir ilmi Kemenag RI dalam rangka penguatan bahan kajian dan seminar di Al-Azhar. Kegiatan berlangsung pada 26 April 2017.
    6. Kunjungan 32 orang rombongan UIN Jambi ke Al-Azhar. Kegiatan berlangsung pada 25-30 April 2017.
    7. Kunjungan 6 orang rombongan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan berlangsung pada 26 Juli – 05 Agustus 2017.
    8. Kunjungan 5 orang Tim UIN Bandung ke Cairo University. Kegiatan berlangsung pada 10-15 Oktober 2017.
    9. Kunjungan 5 orang Pimpinan Pondok Modern Gontor ke Mesir dan melakukan pertemuan dengan Grand Syaikh Al-Azhar.
    10. Kunjungan 3 orang delegasi Pondok Diniyah Putri Padang Panjang untuk mengadakan pertemuan dengan Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Putri Universitas Al-Azharke Deputy Grand Syaikh Al-Azhar serta ke Kantor Urusan Mahasiswa Asing Al-Azhar.Kegiatan berlangsung pada 10-16 Oktober 2017.
    11. Kunjungan 18 dosen Agama Islam dari 12 perguruan tinggi umum Indonesia ke Mesir untuk mengikuti short coursespiritual pedagogic. Kegiatan berlangsung pada 19 Agutus-17 September 2017.
    12. Kunjungan 20 orang delegasi Pesantren Darul Qolam Gintung untuk melakukan pertemuan dengan Deputy Grand Syaikh Al-Azhar dan Direktur Jenderal Dikdasmen Al-Azhar. Kegiatan berlangsung pada 11-16 November 2017.
    13. Kunjungan tim 12 orang Kiyai dan pimpinan Mahad Aly, yang tergabung dalam Asosiasi Ma’had Aly, dari Kemenag untuk melakukan benchmark, pada 31 Desember 2017.
    14. Kunjungan 4 orang tim Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman Jogjakarta, untuk studi banding di beberapa lembaga di Cairo.

 

B. Pertukaran Pelajar/Mahasiswa

  1. Pelajar/mahasiswa Mesir ke Indonesia
  • Fasilitasi pengiriman 45 mahassiwa Mesir melalui program AIESEC ke berbagai perguruan tinggi di tanah air. Fasilitasi diberikan selama bulan Juli-September 2017.
  • Program Beasiswa Darmasiswa Kemendikbud RI (12 orang). Berangkat ke Indonesia pada tanggal 28 Agustus 2017. Mereka akan berada di Indonesia selama 1 tahun.
  • Beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) Kemenristek Dikti RI (3 orang) ke UNAIR, UPI dan ITB. Berangkat ke Indonesia pada 01 September 2017.
  • Pengiriman juara lomba pidato dan dongeng berbahasa Indonesia tahun 2017 sebanyak 3 orang. Mereka mengikuti upacara peringatan Proklamasi RI 72 di Istana Negara dan kunjungan budaya ke Bali.
  • Keikutsertaan 1 mahasiwa Suez Canal University dalam program ICamp UM Malang atas nama saudari Hader. Kegiatan berlangsung pada bulan Agustus 2017.
  • Pengiriman 1 mahasiswa Fakultas Darul Umum Cairo University atas nama Muhamad Fouly untuk mengikuti Forum Demokrasi Baliuntuk pemuda dan mahasiswa 7-9 Desember 2017 di Bali.

2. Pelajar/Mahasiswa Indonesia Ke Mesir

  1. 19 mahasiswa peserta sandwich di Suez Canal University dan Institut Pengajaran Al-Quran. Mereka berasal dari UGM, UNS dan UNPAD. Mereka tiba di Mesir pada 16 November 2017 dan akan berlangsung sampai 21 Februari 2017.
  2. Pengiriman 1 mahasiswa dari UI untuk mempelajari Bahasa Arab secara intensif di Institut Pengajaran Al-Quran. Berlangsung pada bulan Agustus-September 2017.
  3. Kunjungan santri Pesantren Darul Ulum Lido untuk mengikuti pelatihan singkat ilmu keislaman di Syaikh Ala Alexandria. Kegiatan berlangsung pada Desember 2017.

 

2 Mendorong dan memfasilitasi pengembangan pendidikan Bahasa Indonesia dan kebudayaan di Mesir

Untuk meningkatkan peran KBRI dalam mendukung penguatan pengaruh Indonesia di mesir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pendidikan dan pelatihan bahasa Indonesia dan kebudayaan Indonesia untuk pemuda/mahasiswa dan masyarakatMesir sebagai berikut:

  1. Pengajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) yang dilaksanakan di Pusat Kebudaayn Indonesia dengan jumlah siswa sebanyak 261 orang, di Pusat Studi Indonesia Universitas Suez Canal dengan jumlah siswa sebanyak 85 orang dan di Fakuktas Bahasa dan Terjemah Universitas al-Azhar sebanyak 65 orang.
  2. Kursus seni bela diri (Silat Tapak Suci) dengan jumlah Mesir (pria dan wanita) sebanyak385 orang.
  3. Kursus menari dan musik tradisional Indonesia sebanyak 15 orang.
  4. Latihan singkat musik Angklung oleh Sam Udjo dari Saung Udjo Bandung dari tanggal 14 sd 24 Desember 2017, yang diikuti oleh siswa-siswi BIPA dan juga diikuti oleh siswa-siswi yayasan al-Nur wa al-Amal untuk tunanetra.
  5. Kursus pelatihan membatik dengan peserta siswa PUSKIN sebanyak 60 orang.

 

3 Membina, memfasilitasi, berperan serta aktif dalam penyelenggaraan Sekolah Indonesia Cairo (SIC)

Dalam rangka memajukan dan meningkatkan kualitas Sekolah Indonesia Cairo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai usaha dan kegiatan pembinaan, antara lain:

  1. Pembinaan terhadap guru SIC, melalui;IHT (In House Training), pelatihan Kurikulum 2013/ K-13, pertemuan bulanan/ mingguan dengan guru.
  2. Pembinaan terhadap orangtua/ wali murid, melalui pertemuan sesi pembukaan awal sekolah, pertemuan pengambilan rapor, seminar Parenting dan PAUD.
  3. Pembinaan kreativitas siswa, melalui pelatihan music dan tari untuk festival dan penampilan budaya Indonesia dalam berbagai acara, mendatangkan bapak Sam Udjo dari Saung Udjo untuk memberikan pembinaan dan pelatihan Angklung secara professional untuk siswa-siswi SIC.
  4. Penguatan peran Komite Sekolah melalui berbagai pertemuan koordinasi.
  5. Perbaikan sarana dan prasarana SIC

 

 

4 Membina masyarakat Indonesia khususnya para pelajar dan mahasiswa di Mesir dalam rangka meningkatkan rasa kebangsaan dan citra bangsa Indonesia

 

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya bagi WNI yang menuntut ilmu di lembaga pendidikan Mesir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo melakukan pembinaan kegiatan akademik antara lainsebagia berikut:

  1. Memfasilitasi, membantu pendanaan dan menghadiri kegiatan-kegiatan keilmuan yang diselenggarakan PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia) Mesir, Organisasi Wihdah PPMI, senat mahasiswa di masing-masing fakultas, organisasi kedaerahan, almamater, afiliasi dan kelompok kajian.
  2. Menyelenggarakan seminar, pelatihan dan diskusi untuk mengembangkan kompetensi akademik, pengetahuan pendukung akademik dan keterampilan soft skill.
  3. Memfasilitasi pengurus PPMI dan Wihdah Mesir untuk ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan regional dan internasional
  4. Memberikan apresiasi berbentuk bantuan keuangan kepada mahasiswa Indonesia di Mesir yang berprestasiprogram S-1, S2 dan S3.
  5. Memfasilitasi acara wisuda sarjana dan pascasarjana
  6. Menyambut kedatangan 1555 mahasiswa baru asal Indonesia di Univeristas Al-Azhar dan menempatkannya di asrama Indoensia Al-Azhar serta memfasilitasi proses pendaftaran di Univeristas Al-Azhar.
  7. Mengupayakan pemanfaatan asrama Indonesia Al-Azhar yang dibangun oleh Pemerintah RI di dalam kampus Universitas Al-Azhar yang telah selesai dibangun sejak tahun 2015 danbaru dapat dimanfaatkan pada September 2017.
  8. Membantu menyediakan fasilitas dasar asrama yang dibutuhkan oleh para penghuni, menyediakan 4 tenaga asisten pembimbing (setiap gedung satu asisten) dan memfasilitasi kegiatan pembinaan di dalam asrama akademik dan non akademik.
  9. Memberikan fasilitasi kepada mahasiswa Indonesia di Mesir yang terpilih sebagai petugas haji Indonesia (Temus) di Saudi Arabia.
  10. Memberikan pelayanan administrasi akademik untuk pelajar/mahasiswa berupa: surat pendaftaran ke Lembaga Pendidikan Mesir, surat keterangan pendidikan, surat izin kegiatan di luar asrama dan surat pengantar pengajuan beasisw.

 

 

5 Melakukan promosi kebudayan Indonesia sebagai soft power diplomasi Indonesia di Mesir

 

Untuk penguatan peran soft power diplomasi Indonesia di Mesir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan melakukan berbagai promosi budaya kerja sama dengan berbagai kementerian, perguruan tinggi dan Pusat Kebudayaan Mesir dalam bentuk berbagai pertunjukan dan ceramah budaya yang melibatkan siswa/siswi Sekolah Indonesia Cairo, mahasiswa Indonesia di Mesir dan siswa/siswi PUSKIN antara lain:

  1. Pada acara “Seminar Warisan Budaya” antara Indonesia dan Mesir pada Senin, 20 Pebruari 2017. Siswa SIC (Sekolah Indonesia Cairo) menampilkan tari yang diiringi gamelan dan siswa PUSKIN menampilkan pencak.
  2. Ceramah budaya dengan tema: “Fenomena Lebaran Idul Fitri di Indonesia: Kajian Sosial Keagamaan dan Ekonomi” oleh Dr. Usman Syihab, MA pada 20 Februari 2017di Suez Canal University.
  3. Penampilan budaya pada kegiatan Charity Annual Spring Fair yang diadakanoleh Women’s Association of Cairo berlangsung pada Sabtu, 11 Maret 2017. Siswa dan guru SIC menampilkan tari tradisional yang diiringi langsungdengan gamelan.
  4. SIC ikut menampilkan tarian tradisional Indonesia pada acara Hadzihi Lailaty yang disiarkan live di Nile Culture TV yang melibatkan seluruh komponen KBRI Cairo. Acara berlangsung pada Sabtu, 13 Mei 2017.
  5. Siswa SIC dan PUSKIN menampilkan tari Gema Nusantara yang diiringi langsung dengan gamelan dan keyboardserta pencak silat pada acara Ramadan Lifestyle yang diadakan di Cairo Opera House pada 10 Juni 2017.
  6. Menyelenggarakan Indonesian-Egypt Day, kegiatan bersama antara KBRI Cairo danKemenpora Mesir pada Rabu, 30 Agustus 2017 di Gezira Youth Center, Zamalek. Kegiatan meliputi pertandingan olahraga, pentas budaya dan bazaar. Siswa-siswi SIC, PUSKIN dan mahasiswa Indonesia di Mesir berpartisipasi dalam pentas budaya.
  7. Berpartisipasi pada acara Indonesia Expo 2017 yang diprakarsai Fungsi Ekonomi KBRI Cairo digelar pada 21 – 23 September 2017 di Mall Arabia. Tim tari SIC menampilkanTari Kijang yang terdiri dari lima siswa.
  8. Pemutaran Film Indonesia di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Suez Canal University serta di PUSKIN.
  9. Berpartisipasi pada African – Asian Festival: Arts, Cinema and Caltureyang diprakarsaioleh Organisasi Solidaritas Bangsa-Bangsa Asia Afrika bekerjasama dengn Dream Arts yang didukung Kementerian Kebudayaan dan Pemerintah Provinsi Sinai Selatan Mesir. Acara digelar pada 14 s.d 20 September 2017 di Hollywood City, Sharm El Sheikh. KBRI mengikutsertakan tim: Sekolah Indonesia Cairo, Sanggar Putri Kinanah dan Pencak Silat dari PUSKIN dan mengikutsertakan pemutaran dua film Indonesia: Aisyah Biarkan Kami Bersaudara dan The Mirror Never Lies untuk ditayangkan dalam festival tersebut.
  10. Memberikan ceramah umum di forum kebudayaan Saqiet el-Shawey dengan tema: Ahmad Dahlan and His Civilizational Projectoleh Dr. Usman Syihab, MA yang dihadiri oleh budayawan dan intelektual Mesir.
  11. Keikutsertaan pada acara International Language Exhibition di Saqiet el-Shawey pada 13 Oktober 2017 berupa pameran BIPA (Bahasa Indonesia Untuk penutur Asing) dan penampilan kemahiran bahasa Indonesia oleh pemelajar Mesir.
  12. Final Turnamen Seni Beladiri pencak silat Tapak Suci pada tanggal 14 Oktober 2017 di Pusat Olimpic Mesir-Maadi yang diikuti oleh 300 peserta silat yang mayoritasnya adalah warga Mesir dengan pelatih asal Indonesia.
  13. Acara tahunan yang diprakarsai oleh ADSA (Asian Diplomat Spouse Association) diadakan Sabtu, 11 November 2017 di Conrad Hotel, Nile Cornice. Kegiatan amal ini sangat ramai dikunjungi pengunjung dari hampir seluruh negara Asia. Siswa SIC berpartisipasi dalam pagelaran budaya yang menjadi salahsatu agenda acara. Lima sisiwi SIC menampilkan tari Abyor yang mendapat sambutan meriah pengunjung.
  14. Mengadakan kegiatandengantema “Culture and Sport Day” dilaksanakanpada Ahad, 12 November 2017 di Pakistan International School, Zamalek. Acara dilaksanakan dengan penampilan angklung dan tari dilaksanakan di halaman sekolah. Acara dilabjutkan dengan pelatihan angklung kepada siswa-siswi Pakistan International School dan dilanjutkan dnegan pertandingan persahabatan handsball untuk putridan bola basket untuk putra.
  15. Mengikutsertakan tim angklung SIC pada Children’s Day yang dilaksanakan pada Senin, 20 November 2107di Egyptian Center for InternationalCultural Cooperation, Zamalek pukul 11.00 – 14.00. Pelaksanaan acara dikoordinir oleh Ministry of Culture, Foreign Cultural Relation Sector. Beberapa Negara ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain :Yunani, China, Palestina, Rusia, Sri Lanka.
  16. Hari Indonesi-Mesir di Universitas Thanta pada tanggal 15 November 2017 kerja sama KBRI dengan Majlis Syabab al-Mashry Littanmiyah (Majelis Pemuda Membangunan) dengan menampilkan berbagai tari tradisional Indonesia, musik dangdut, dan penampilan silat.
  17. Indonesian Cultural Day oleh PUSKIN dan SIC di Perpustakaan Umum 6th October di Agouza pada 26 November 2017 dan dihadiri oleh para siswa dari berbagai sekolah di Cairo.

 

6 Melakukan publikasi dan dokumentasi karya kebudayaan dam karya ilmiah dalam bentuk multimedia dan cetak

Diantara hasil publikasi dan dokumentasi karya kebudyaan dam karya ilmiah dalam bentuk multimedia dan cetak adalah:

  1. Profil perguran tinggi di Indonesia dalam bahasa Arab
  2. Video youtube Hari Indonesia-Mesir (dapat disaksikan di: atdikbud menyapa)
  3. Video youtube Asian-African Festival (dapat disaksikan di: atdikbud menyapa)
  4. Video youtube BIPA di Mesir (dapat disaksikan di: atdikbud menyapa)
  5. Video youtube PUSKIN di Mesir (dapat disaksikan di: atdikbud menyapa)
  6. Video youtube Turnamen Silat Tapat Suci (dapat disaksikan di: atdikbud menyapa)
  7. Jurnal Istiwa edisi khusus memperingati 70 tahun hubungan Indonesia-Mesir
  8. Menerbitkan 6 Jilid buku pelajaran BIPA dalam bentuk multimedia.
  9. Menerbitkan buku tentang hubungan Indonesia-Mesir bekerjasama dengan Fungsi Politi, dan Hiwar Institut Mesir.
  10. Menerbitkan buku berjudul Peta Pemikiran Ulama Mesir, hasil lomba karya tulis ilmiah mahasiswa Indonesia Mesir.
  11. Menerbitkan Agenda 2018
  12. Menerbitkan Kalender 2018

About admin

Check Also

Profil PPMI Mesir

PPMI (Persatuan Pelajar & Mahasiswa Indonesia) Terdapat sebuah organisasi induk yang menghimpun para pelajar dan mahasiswa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *