Home / Info Pendidikan / Aktual Al-Azhar / Grand Imam Al-Azhar Berikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Grand Imam Al-Azhar Berikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jakarta—Pada hari Rabu (2/5), Duta Besar RI Cairo mendampingi Grand Imam Al-Azhar ke Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada acara tersebut, Grand Imam memberikan kuliah umum dan menegaskan perlunya sikap saling menghargai perbedaan dan keyakinan. Beliau menilai, pada dasarnya masyarakat telah diciptakan berbeda-beda. Untuk itu, beliau mengajak masyarakat untuk saling menghargai perbedaan.

Beliau juga menegaskan, bahwa prinsip yang selalu diterapkan di Al-Azhar adalah Allah yang menciptakan ideologi dan keyakinan yang berbeda-beda kepada umat manusia. untuk itu, di Mesir dapat hidup berbagai madzhab dan aliran keagamaan secara rukun. Semuanya berkat adanya sikap dna mental yang ditanamkan oleh Al-Azhar tersebut.

Menurut Grand Imam, tak mungkin seseorang dapat menggiring manusia dengan satu pemikiran saja bahkan satu bahasa saja. Apabila saat ini ada kelompok-kelompok yang memaksakan orang lain masuk Islam, apalagi menggunakan kekerasan dan intimidasi, ia menilai justru hal itu bertentangan di ajaran Islam sendiri.

Di UMS, pertemuan beliau dilanjutkan dengan memberikan motivasi singkat bagi para mahasiswa dan civitas academika UMS. Pada ceramah singkatnya, beliau menjelaskan  bahwa rahmat dan kasih sayang yang disebarkan Islam, bukan hanya untuk umat Islam, tetapi untuk umat lain. Bahkan, untuk makhluk-makhluk lain juga selain manusia.

Beliau juga mengingatkan agar selalu mewaspadai pemikiran radikal yang yang selalu menjadikan anak-anak muda sebagai objek mereka.

Dalam pandangan beliau, dalam dakwah, kewajiban kita hanya memberi nasihat. Selebihnya, jika kita memaksa atau melakukan kekerasan, maka itu sudah merupakan sebuah kejahatan.

About admin

Check Also

263 Sarjana Baru Asal Indonesia, Lahir di Rahim Universitas Al-Azhar

Perhelatan Hajatan Akbar yang bertajuk Wisuda Sarjana/Pascasarjana dan PPMI Award 2018 telah selesai dilaksanakan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *