Home / Info Pendidikan / Aktual Al-Azhar / Grand Imam Al-Azhar Mengakhiri Lawatan ke Indonesia dengan Bertemu Megawati

Grand Imam Al-Azhar Mengakhiri Lawatan ke Indonesia dengan Bertemu Megawati

Jakarta—Mengakhiri lawatan selama di Indonesia, Grand Imam Al-Azhar yang didampingi oleh Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy dan anggota delegasi lainnya; diterima Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) di gedung Sekretrariat Negara, Jakarta pada Kamis (3/5).

Grand Imam Al-Azhar disambut Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, Kepala BPIP Yudi Latief dan sejumlah anggota BPIP lainnya.

Pertemuan tersebut berlangsung selama kurang lebih 45 menit di ruang rapat Sekretaris Kabinet dan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri. Di awal pertemuan, Megawati  mengucapkan selamat datang serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Grand Imam yang telah berkenan memenuhi undangan BPIP untuk bertukar fikiran dan memohon pencerahan dari pengalaman Al-Azhar seputar persoalan ideologi Pancasila.

Pertemuan tersebut terasa sangat penuh kekeluargaan dan banyak hal penting yang disampaikan oleh Grand Imam, antara lain:

  1. Memuji dan menghargai dibentuknya BPIP sebagai upaya pemerintah Indonesia menjaga ideologi bangsa.
  2. Al-Azhar adalah sebuah lembaga yang independen dan tidak berafiliasi ke kelompok manapun atau partai politiki manapun, sebab misis Al-Azhar di atas kepentingan politik.
  3. Misi utama Al-Azhar adalah menyebarkan perdamaian ke seluruh dunia, sebab perdamiana (salam) adalah salah satu nama Allah Swt. Untuk itu, seharusnya setiap muslim konsisten menjadi penyebar kedamaian
  4. Dalam terminologi politik Islam, beliau menegaskan bahwa Al-Azhar tidak menggunakan istilah minoritas. Yang dikenal hanyalah citizenship atau kewarganegaraan
  5. Grand Imam siap bekerja sama dengan BPIP untuk bersama-sama mengembangkan perdamaian dunia dan keadilan sosial.
  6. Selain itu, pada pertemuan tersebut, Grand Imam juga mengundang secara khusus Ibu Megawati untuk hadir dalam acara Konferensi Wanita Islam di Mesir pada akhir 2018. Undangan tersebut disambut baik Megawati dan menyatakan siap hadir pada konferensi tersebut.

About admin

Check Also

Grand Imam Al-Azhar Berikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jakarta—Pada hari Rabu (2/5), Duta Besar RI Cairo mendampingi Grand Imam Al-Azhar ke Universitas Muhammadiyah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *