Home / Info Pendidikan / Aktual Al-Azhar / Grand Imam Sampaikan Risalah Al-Azhar untuk Dunia di Pembukaan HLC

Grand Imam Sampaikan Risalah Al-Azhar untuk Dunia di Pembukaan HLC

Grand Imam Al-Azhar didampingi Jokowo dan Din Syamsuddin

Jakarta—Pada hari selasa (1/5) lalu Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy, mendampingi Grand Imam Al-Azhar menghadiri pembukaan acara HLC di Istana Bogor. Acara pembukaan tersebut dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari para ulama dan cendekiawan Islam dari dalam negeri dan luar negeri.

Para peserta HLC sedang khusyuk mendengarkan pemaparan Grand Imam Al-Azhar

Pada sambutannya, Grand Imam Al-Azhar mengatakan bahwa tema “Islam Wasatiyah” merupakan topik yang sangat penting dan telah banyak dibahas dalam berbagai macam konferensi; sebab Islam Wasatiyah merupakan konsep dasar Islam. Beliau juga menegaskan, bahwa Allah telah mengatakan bahwa umat Islam adalah umat yang adil. Sehingga umat Islam dalam kehidupan harus adil terhadap sesama. Wasat adalah adil, sehingga umat Islam sebagai umat wasat adalah umat yang adil. Beliau menjelaskan, bahwa dengan konsep Islam Wasatiyah, umat Islam tidak boleh terlalu ekstrem dalam melakukan sesuatu tapi harus berada di jalan tengah.

Selain itu, Grand Imam mengingatkan adanya ancaman serius terhadap identitas dan citra Islam yang dilakukan oleh mereka yang mengaku dirinya Islam, padahal sikap dan cara yang mereka lakukan bertentangan dengan prinsip Islam.

Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan shalat Zuhur berjamaah di masjid Istana Bogor dan diakhiri dengan jamuan dari Presiden RI untuk seluruh delegasi.

About admin

Check Also

263 Sarjana Baru Asal Indonesia, Lahir di Rahim Universitas Al-Azhar

Perhelatan Hajatan Akbar yang bertajuk Wisuda Sarjana/Pascasarjana dan PPMI Award 2018 telah selesai dilaksanakan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *