Home / Info Pendidikan / Aktual Al-Azhar / Grand Imam Al-Azhar Teken Peraturan Baru Terkait Kesempatan Rasib

Grand Imam Al-Azhar Teken Peraturan Baru Terkait Kesempatan Rasib

Grand Imam Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Tayyib

Pada Rabu lalu (16/5), Universitas Al-Azhar Mesir mengeluarkan pengumuman yang berisi sosialisasi Surat Keputusan Grand Imam Al-Azhar perihal amandemen pasal 220 UU No. 103 tentang kesempatan untuk tinggal kelas (rasib) di Universitas Al-Azhar. Saat ini, pengumuman tersebut mulai viral di beberapa media sosial yang dimiliki mahasiswa Indonesia di Mesir.

Perubahan pasal tersebut sebagai berikut:

“Merujuk kepada Surat Keputusan Grand Imam Al-Azhar serta Pengesahan Majelis Tertinggi Al-Azhar (al-Majlis al-‘Ala lil Azhar), perihal perubahan pasal 220 UU No. 103 tahun 1961, tentang kesempatan tinggal kelas di seluruh tingkat (Universitas Al-Azhar). Perubahan tersebut sebagai berikut:

  1. Kesempatan tinggal kelas di tingkat I bagi mahasiswa Mesir atau pun negara asing (baik Arab maupun non-Arab) adalah dua tahun akademik saja, sebagai pengganti dari tiga Jika mahasiswa yang bersangkutan tidak naik tingkat dua kali, maka ia dianggap drop out (mafshul).
  2. Kesempatan tinggal kelas untuk tingkat II, III, dan IV adalah dua tahun akademik saja. Boleh memperpanjang satu tahun saja sebagai tahun pengecualian (istisna’i), setelah mendapatkan persetujuan Senat Fakultas yang disahkan oleh Senat Jika masih tidak naik juga, maka yang bersangkutan dianggap drop out (mafshul); berapa pun jumlah mata kuliah yang tidak lulus.

Untuk itu, Atdikbud KBRI Cairo, Dr. Usman Syihab, M.A. mengimbau seluruh mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar Mesir agar lebih bijak lagi memanfaatkan waktu dan mengambil langkah-langkah yang dapat mendukung penyelesaian studi tepat waktu dan dengan prestasi yang terbaik.

Atdikbud juga mendoakan seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir yang saat ini sedang melangsungkan ujian termin dua; semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kemudahan dan kesuksesan. Amin ya Rabbal alamin!

About admin

Check Also

Grand Imam Al-Azhar Mengakhiri Lawatan ke Indonesia dengan Bertemu Megawati

Jakarta—Mengakhiri lawatan selama di Indonesia, Grand Imam Al-Azhar yang didampingi oleh Duta Besar RI Cairo, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *