Home / Info Pendidikan / Aktual Mesir / Atdikbud KBRI Cairo Berikan Kuliah Umum di Forum Filsafat Pusat Kebudayaan Sakia El-Sawy

Atdikbud KBRI Cairo Berikan Kuliah Umum di Forum Filsafat Pusat Kebudayaan Sakia El-Sawy

Atdikbud Dr. Usman Syihab dan Dr. El-Sawy Ahmad

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Dr. Usman Syihab, M.A. pada hari Selasa petang (30/4), memberikan kuliah umum di Forum Filsafat, Pusat Kebudayaan Sakia El-Sawy, Zamalek Cairo.

Kuliah umum yang disampaikan oleh Atdikbud KBRI Cairo yang juga menjabat sebagai dosen Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, mengambil tajuk “Fenomena Pengakuan Nabi di Indonesia: Studi Kasus Lia Eden”.

Atdikbud Usman mengatakan bahwa apa yang disampaikan pada kuliah umum ini, merupakan hasil dari penelitian yang dilakukannya pada tahun 2008 lalu, ketika dia melihat maraknya pengakuan nabi di seluruh Indonesia.

Dia juga menambahkan bahwa fenomena pengakuan nabi tersebut membuat dia ingin meneliti: apa yang melandasi dan menjadi penyebab maraknya pengakuan nabi di Indonesia? Apa yang menyebabkan masyarakat Indonesia mau mengikuti ajaran-ajaran sesat seperti itu, apakah karena faktor ekonomi, ataukah faktor pendidikan, ataukah faktor sosial-budaya? Bagaimana cara mengatasi dan melawan fenomena yang meyesatkan ini?

Acara kuliah umum yang berlangsung selama dua jam tersebut dimoderatori oleh Prof. Dr. El-Sawy Ahmad, Guru Besar Filsafat Universitas Suez Canal, Ismailia. Kuliah Umum kali ini merupakan kuliah umum yang kedua bagi Atdikbud Usman, di Pusat Kebudayaan Sakia El-Sawy, setelah sebelumnya mengambil tajuk “Ahmad Dahlan dan Proyek Peradabannya”, pada tanggal 13 Oktober 2017 lalu.

About admin

Check Also

Menteri Pendidikan dan Pengajaran: Kami Telah Memberikan Penataran kepada 100 Ribu Guru untuk Penguatan Materi Kurikulum Baru

Menteri Pendidikan dan Pengajaran Mesir Dr. Tariq Syauqi mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Pengajaran telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *